Baru Coba Blog MERETAS LANGKAH MENUJU CANDI KENDALISODO DI GUNUNG PENANGGUNGAN - BARU COBA
Headlines News :
Home » » MERETAS LANGKAH MENUJU CANDI KENDALISODO DI GUNUNG PENANGGUNGAN

MERETAS LANGKAH MENUJU CANDI KENDALISODO DI GUNUNG PENANGGUNGAN

Written By F-Star Dancer on Selasa, 15 Januari 2013 | 09.57

Baru CobaBARU COBA. Pawitra, nama kuno  Gunung Penanggungan. Tertulis dalam kitab Tantu Panggelaran dan Negarakrtagama, sebagai salah satu gunung suci yang dipercaya sebagai tempat bersemayam para dewa dan arwah leluhur. Di abad 15, muncul upaya Millenarisme : Membangun Candi “Punden Berundak” di gunung-gunung, sebagai upaya mengembalikan kejayaan Majapahit yang  mulai pudar. Dari 80-an candi, ada satu yang istimewa. Mungil, namun dibangun dengan citarasa seni tinggi. Hampir seluruh dinding penuh dengan relief. Lengkap dengan Goa Pertapaan yang di dindingnya juga diukir relief. Itulah Candi Kendalisodo, masterpiece dari percandian di Gunung Penanggungan.


Pukul 07.00, kaki menjejak di kompleks Patirtaan Jalatunda. Matahari mulai naik merambat. Cahayanya menerobos celah-celah pepohonan yang rimbun. Udara segar menyelusup ke pori-pori. Kaki mulai basah oleh embun-embun yang belum kering. Sesuai rencana, hari ini akan menelusuri Bukit Bekel (bukit di bagian barat G. Penanggungan), melacak jejak Candi Kendalisodo.


Berjalan perlahan menyusuri jalanan setapak nan rumpil. Setengah jam kemudian sampai di bekas sungai berbatu yang kering.. Arah kanan ke Puncak gunung. Ke kiri menuju Bukit Bekel. Ambil arah kiri. Baru beberapa langkah, jalur mulai menanjak. Untungnya kanan kiri tumbuhan menghijau. Sehingga perjalanan tidak membosankan. Makin mendekat puncak bukit, jalanan hampir tak terlihat. Tertutup rerimbunan, perdu dan ilalang, yang sangat rapat. Sempat salah jalan.. Untungnya, ada yang melihat ”juru selamat”. Bendera Merah putih berkibar-kibar di atas pohon. Di dekat situlah Candi Kendalisodo bersemayam.

Setelah melawati candi KAMA II akhirnya, perjalanan lebih dari 2 Jam terbayar lunas oleh pemandangan eksotis di depan mata.. Candi Kendalisodo, berdiri tenang bersandar di dinding bukit. Di depannya jurang menganga dengan pohon-pohon besar menutupinya. Di pojok pelataran nampak Goa, di bawah tebing Batu besar. Tak habis pikir. Entah bagaimana dulu Silpin (pembangun candi) menemukan lokasi ideal ini. Membangun candi lengkap dengan goa-nya!

Baru Coba

Candi Kendalisodo dikenal sebagai Kepurbakalaan LXV. Itu adalah nomor urut penemuan candi-candi di Gunung Penanggungan yang totalnya ada 80 candi, yang dicatat oleh Vand Romondt. Candi ini berteras tiga, dengan tiga altar di puncaknya. Di tengah-tengah terdapat tangga naik menuju puncak. Sehingga mirip dengan punden berundak. Istimewanya, di dinding-dinding candi penuh dengan relief. Menurut Dr. Aris Munandar, reliefnya termasuk Relief Cerita Panji.. Reliefnya dipahat tipis-tipis sehingga rentan terhadap perubahan cuaca. Namun bahaya yang paling mengancam adalah MALING !!!! Ada bagian relief yang hilang, sengaja dicongkel !!!!

Baru Coba

Arca Dwarapala sebagai penjaga di depan tangga dipindahkan dan menyatu dengan sudut pipi tangga. Pilihan tempat itu tanpa merubah fungsi Arca Dwarapala sebagai penjaga candi, yang biasanya ditempatkan di depan tangga naik. Ini semata-mata karena keterbatasan lahan yang sempit dan berhadapan dengan jurang. Kreatifitas dan pemikiran yang luar biasa dari para silpin.


Goa Pertapaan menambah nilai lebih bagi Candi Kendalisodo ini. Keberadaannya mampu menyatukan keinginan pembangun candi yang mempercayai gunung sebagai tempat bersemayam roh leluhur dengan keinginan untuk mengasingkan diri. Bertapa untuk mencari kekuatan lahir batin guna mengembalikan kejayaan.
Tak heran di dalam goa dipahatkan Relief Mintaraga dan Nawaruci, yang lagi-lagi juga sudah hilang digasak maling.. Maling lagi.. maling lagi ! Untuk masuk goa, harus sdikit memiringkan badan. Di dalam ada sedikit ruang cukup untuk dua orang.

Share this article :

Ditulis Oleh : F-Star Dancer ~ Informasi Dunia Blogger Terkini

Johan Purnomo Sobat sedang membaca artikel tentang MERETAS LANGKAH MENUJU CANDI KENDALISODO DI GUNUNG PENANGGUNGAN. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Cara Gampang Blog | Free Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. BARU COBA - All Rights Reserved
Baru Coba Blog
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo